Kamis, 06 Mei 2010

Pengertian & Penyebab Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi adalah kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas. 
Namun, tidak setiap masalah berdampak negatif bagi kita. Dalam hal ini, masalah ekonomi dapat memacu kita untuk dapat menyelesaikannya dan mendorong untuk memanfaatkan seluruh potensi diri dan lingkungannya. Dan hal ini yang akan membawa bangsa kita pada kemajuan. Walaupun demikian, jika kita salah memanfaatkan seluruh potensi tersebut, hal itu dapat juga membawa ke arah kehancuran.
Faktor-faktor yang mempengaruhi atau penyebab dari kebutuhan manusia yang tidak terbatas antara lain.

1. Sifat alami manusia
   Sudah menjadi sifat alami manusia untuk tidak cepat puas pada segala sesuatu yang sudah dimilikinya. Ketika sudah mendapatkan sesuatu maka akan muncul kebutuhan lainnya seiring dengan situasi dan kondisi.

2. Tingkat pendapatan
    Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan seorang pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan para karyawannya.

3. Usia
    Semakin bertambah usia seseorang maka semakin bertambah banyak pula kebutuhan hidupnya. Contohnya ketika baru lahir kebutuhan kita yang utama adalah susu dan popok bayi. Menginjak usia empat bulan kita sudah membutuhkan makanan lumat seperti bubur. Dan beberapa bulan kemudian kita sudah makan makanan yang lebih bervariasi. 

4. Pendidikan
    Kebutuhan manusia juga berkembang seiring dengan tingkat pendidikannya. Seperti pada saat kita SMP kebutuhan kita tentu tidak sebanyak pada saat kita duduk dibangku SD.

5. Lingkungan alam
   Untuk dapat bertahan hidup maka manusia selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dan kebutuhan hidupnya dengan keadaan alam sekitarnya. Kebutuhan hidup di daerah dingin akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di daerah tropis, baik dari segi makanan, pakaian maupun perumahan.

6. Lingkungan sosial
    Secara naluriah manusia mempunyai kebiasaan meniru tingkah laku orang lain sehingga kebutuhan hidupnya juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Seseorang yang tinggal di lingkungan ekonomi tinggi akan terpacu dirinya untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya. 

7. Kemajuan teknologi informasi
   Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan kepada seseorang untuk mendapatkan informasi sekaligus membeli suatu barang. Hal tersebut dapat mendorong bertambahnya kebutuhan seseorang.

8. Agama dan kepercayaan
   Perbedaan agama dan kepercayaan yang dianut seseorang mengakibatkan timbulnya berbagai macam kebutuhan yang berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya. 

9. Akulturasi budaya
    Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan hidup seseorang baik kebudayaan sendiri maupun kebudayaan yang datangnya dari luar. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola perilaku dan kebiasaan yang
berbeda yang akan menimbulkan berbagai macam kebutuhan.

10. Jumlah penduduk
      Kebutuhan akan semakin besar seiring dengan pertambahan penduduk. Contohnya, jika pada sebuah keluarga bertambah seorang anak maka semakin besar dan beragam kebutuhan hidupnya. Begitupun pada lingkup yang lebih luas seperti negara.

11. Iklan atau promosi produk
      Dalam kehidupan modern, kebutuhan manusia juga banyak dipengaruhi oleh perkembangan produk-produk baru dan promosi produk melalui berbagai media massa. Dimana seseorang akan tertarik untuk membeli suatu produk jika melihat iklan atau promosi produk tersebut.

12. Perdagangan internasional
     Adanya perdagangan internasional menimbulkan terjadinya aliran barang dari luar negeri yang dapat mendorong peningkatan kebutuhan hidup.


      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar